Profil STIA Tabalong

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong (STIAT) yang berdiri sejak Tahun 1984 diasuh oleh Yayasan Pendidikan Banua Saraba Kawa (YPBSK), semula nama lembaga ini adalah Akademi Administrasi Tabalong (AAT) seiring dengan berjalannya waktu maka sejak tahun 2002 status Akademi ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi, dimana telah menghasilkan sejumlah alumni yang kini telah tersebar diberbagai sektor baik dipemerintahan maupun di sektor swasta. Menghadapi era globalisasi dan era otonomi daerah STIAT yang berbenah diri. Dengan kampus yang megah terletak di jantung kota Murung Pudak dan merupakan wadah yang nyaman untuk belajar. Salah satu program unggulan adalah penguasaan program komputer bagi semua lulusan STIAT. Untuk itu kami mengajak lulusan SMA, MA. SMK, dan SLTA yang sederajat untuk bergabung dengan STIAT demi mengembangkan kemampuan diri menjadi administrator yang professional dan handal.

STIAT menyiapkan tenaga-tenaga terampil untuk menjadi :

  1. Manager pada lembaga-lemabag Negara dan Bisnis atau Organisasi di sektor Publik.
  2. Analis dan perencana administrasi dan pelayanan publik, bisnis dan pemasaran.
  3. Sebagai Motivator dalam upaya kebijakan dibidang pelayanan Publik dan administrasi Bisnis.

PROGRAM STUDI

Program Studi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong (STIAT) berdasarkan Surat Menteri Pendidikan Nasional Nomor 106/D/O/2007  tanggal 10 Agustus 2007  telah membuka program Strata1 (S1) antara lain :

~ Program Studi Administrasi Negara

~ Program Studi Administrasi Niaga

Sistem perkuliahan pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong menggunakan sistem kredit semester yang berlangsung antara 8 sampai 12 semester (Program S1). Proses belajar diselenggarakan dalam bentuk kuliah kelas konvensional, diskusi, studi lapangan serta ceramah ilmiah oleh pakar atau praktisi yang ekspert dibidangnya.

MAKNA LAMBANG

  • Segi lima melambangkan dasar negara Republik Indonesia yaitu Pancasila.
  • Kuning emas melambangkan kebesaran, kejayaan dan keagungan yang di cita­citakan oleh rakyat Tabalong untuk negara
  • Warna hijau tua berarti kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Tabalong dengan kekayaan yang di kandung bumi Tabalong.
  • Menara obor minyak melukiskan kekayaan alam yang di kandung bumi Tabalong yang telah di eksploitasi adalah minyak.
  • Enam sayap, buku dan dua pena mencerminkan pengembangan dan peningkatan lembaga ilmu pengetahuan sesuai dengan perkembangan era globalisasi.