Sejarah


SEJARAH BERDIRINYA

Pada awalnya tahun 1980-an beberapa orang mempunyai gagasan atau berinisiatif untuk mendirikan sebuah pendidikan tingkat tinggi untuk meningkatkan pengalaman dan pola berpikir para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupatem Tabalong, dan masyarakat umum disekitar kota Tanjung dan sekitarnya, karena saat itu untuk mendapatkan fasilitas perguruan tinggi harus mengupayakan pergi keluar daerah, minimal harus ke Banjarmasin atau ke Banjarbaru. Memerlukan jarak yang jauh serta waktu yang lama, dan hal tersebut tidak memungkinkan para PNS tersebut harus meninggalkan pekerjaan dan mengganggu waktu kerja. Oleh sebab itu maka gagasan untuk mendirikan sekolah dalam bentuk Perguruan Tinggi tersebut sangat mendukung terhadap gagasan untuk meningkatkan pendidikan para PNS, dan juga masyarakat Tanjung dan sekitarnya.

Akhirnya dibentuklah sebuah Perguruan Tinggi berbentuk Akademi Administrasi Tabalong (AAT) yang direalisikan dalan bentuk Akte Notaris Bachtiar Nomor 10 tanggal 4 Oktober 1984 yang diselanggarakan oleh Yayasan Pendidikan Banua Sarakawa Tabalong. Dan kemudian dalam perjalanan waktu, akhirnya meningkat menjadi SEKOLAH TINGGI ADMINISTRASI (STIA) Tabalong dengan ijin operasional dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 106/D/O/2005 tanggal 10 Agustus 2005 termasuk tata kelola yayasan dilakukan penyesuaian nama menjadi Yayasan Banua Sarabakawa Tabalong melalui Akte Notaris Mirzasyah Syahran nomor 293 Tahun 2011 dan perubahannya Akte Notaris No. 110 Tahun 2017 yang diperkuat oleh Surat Keputusan KEMENKUMHAM Republik Indonesia Republik Indonesia nomor : AHU-000420.AH.01.05.TAHUN 2017.

Terjadinya perubahan iklim perguruan tinggi dan penyesuaian tata kelola badan penyelenggara pendidikan tinggi perubahan bentuk menjadi Yayasan Banua Sarabakawa Tabalong dengan menghilangkan kata “Pendidikan” dimaksudkan agar yayasan mampu memperluas ruang lingkupnya tidak hanya di bidang pendidikan saja, melainkan menyangkut bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan.

Yayasan Banua Saraba Kawa Tabalong turut serta memberikan peran dalam Pembangunan Daerah dan Nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong selanjutnya disingkat STIA Tabalong.

Dalam perjalanannya, masyarakat Tabalong mulai memberikan kepercayaan kepada AAT sehingga jumlah mahasiswanya terus bertambah dan juga mereka yang kuliah tidak hanya PNS, tetapi masyarakat yang latar belakang nonPNS pun ikut kuliah di STIA Tabalong.

STIA Tabalong merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang mengemban tugas dan fungsi perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa, khususnya dalam bidang pendidikan tinggi. STIA Tabalong saat ini baru membuka dua (2) Program Studi jenjang Strata 1 (S1) yakni Prodi Administrasi Publik dan Prodi Administrasi Bisnis. Kedua Prodi sudah melaksanakan akreditasi pendidikan tinggi dengan predikat B. STIA Tabalong berkedudukan di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan sebagaimana perguruan tinggi memikul tugas dan tanggung jawab untuk wilayah maupun di kawasan Nusantara, dengan mengingat pula kedudukannya sebagai bagian dari masayarakat ilmiah yang bersifat universal


LINK TERKAIT