Riam Bidadari Lagi Hits di Tabalong, Cocok untuk Lokasi Kemping dan Liburan Lebaran



Satu lagi tempat tujuan untuk rekreasi, telah hadir di Kabupaten Tabalong, yakni Riam Bidadari.

Sejak beberapa bulan terakhir, lokasi wisata yang menawarkan keindahan alam menawan ini menjadi lokasi yang sedang hits.

Destinasi wisata tersebut berada di Desa Lumbang RT 09, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. Membuktikan, potensi keindahan alam Bumi Sarabakawa seakan tak pernah ada habisnya.

Di lokasi Riam Bidadari ini, pengunjung akan disuguhi aliran sungai dari pengunungan dengan arus yang lumayan deras, serta hijaunya pemandangan sekitar.

Adanya bebatuan di aliran sungai membuat semakin menarik karena ada membentuk riam-riam di sepanjang aliran sungai.

dengan pepohonan sehingga menambah nyaman untuk bersantai.

Sementara itu, di sisi lainnya, ada daratan hamparan ditumbuhi rerumputan dengan pemandangan berlatar pegunungan

Untuk bisa mengunjungi Tabalong’>Riam Bidadari di Kabupaten  Tabalong, rutenya tidak begitu sulit karena tidak harus menempuh medan yang terjal.

Bila mengambil patokan dari arah Kota Banjarmasin, Kabupaten Balangan atau dari arah kota tanjung sebagai ibu kota Kabupaten Tabalong, maka tinggal menuju rute ke arah Kaltim.


Bagi yang datang dari arah Banjarmasin atau Balangan, maka pada tugu obor ini langsung mengarah ke kanan melintasi bundaran.

Sedangkan yang datang dari dalam kota Tanjung, pada tugu obor ini mengambil jalan lurus melintasi tugu.

Jalur yang ditempuh ini merupakan ruas jalan menuju ke Kaltim, nantinya setelah menempuh perjalanan sekitar 45 menit akan ada menemui Jembatan Lumbang di Kecamatan Muara Uya.

Sebelum naik ke Jembatan Lumbang, ambil rute belok ke kanan dan tinggal melanjutkan perjalanan kurang dari 10 menit akan sampai ke pokasi Riam Bidadari.

Nantinya akan tulisan dan petugas yang berjaga di persimpangan jalan masuk menuju Wisata Riam Bidadari.

Wisata Kalsel. Pengunjung melintasi jembatan di Riam Bidadari, Desa Lumbang RT 09, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.
Wisata Kalsel. Pengunjung melintasi jembatan di Riam Bidadari, Desa Lumbang RT 09, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. (BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN)

Perjalanan menuju lokasi Tabalong’>Riam Bidadari di Kabupaten  Tabalong ini bisa ditempuh dengan kendataan roda dua maupun roda empat.

Bahkan mobil bisa masuk ke lokasi hingga mendekati bibir sungai yang menjadi satu daya tarik dari Riam Bidadari.

“Kalau dari Tanjung sekitar 45 kilometer sampai ke Jembatan Lumbang lalu belok kanan sebelum jembatan, itu masuk sekitar 2 kilometer dan setelah itu dari pinggir jalan masuk ke lokasi wisata sekitar 350 meter. Jalannya bisa dilalui kendaraan roda empat,” kata Ketua Pengelola Wisata Riam Bidadari, Fahri. 

Diceritakan Fahri, awalnya lokasi ini sudah sering dijadikan untuk kemping dan melihat potensi daya tarik alamnya, anak muda sekitar mulai melakukan pengelolaan bekerjasama dengan warga yang menjadi pemilik lahan.

“Mulai dikelola sejak 4 Oktober 2021, jadi lokasi ini memang sering jadi tempat kemping sejak dulu,” katanya. ( SUMBER BANJARMASIN POST )


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(c) 2005-2021 STIA TABALONG - Jl. Stadion Olah Raga Pembataan Tanjung KalSel 71571