Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong saat ini tengah berupaya menuntaskan perubahan status Bandara Warukin dari bandara khusus menjadi Bandara Umum.

Kepala Dinas Perhubungan Drs H Imam Fahrullazi mengatakan pihaknya berharap sertifikat untuk bandara umum sudah bisa didapatkan Bandara Warukin dalam waktu dekat.

“Berharap status bandara umum ini sebelum pelantikan Bupati pada 17 Maret mendatang, sekaligus sebagai hadiah untuk hari jadi Kabupaten Tabalong,” ungkapnya.

Untuk jadwal serta rute penerbangan Dinas Perhubungan dalam waktu dekat akan mengundang tiga maskapai yang tertarik untuk bekerjasama yaitu Express Air, Wings Air dan Nam Air.

Untuk rute sendiri, Imam mengharapkan nantinya akan ada rute Tanjung – Balikpapan, Tanjung – Solo, Tanjung – Jogja, dan Tanjung Jakarta.

Selama ini Bandara Warukin masih melayani penerbangan khusus dengan sistem carter melalui maskapai Pelita Air Service, rute Tanjung – Jakarta di Bandara Halim Perdana Kusuma dengan harga tiket Rp 1.670.000.

Dengan perubahan status menjadi bandara umum diharapkan memberikan dampak secara luas untuk masyarakat sekitar.

“Dengan mudahnya akses ke pulau jawa diharapkan bisa meningkatkan ekonomi daerah, perhotelan dan perdagangan juga akan semakin berkembang. Banyaknya perusahaan yang ada di Tabalong juga memberi keuntungan karena dalam sehari saja banyak karyawan perusahaan yang melakukan perjalanan ke jawa,” ujarnya.

Warga juga jelas akan lebih memilih melakukan perjalanan melalui Bandara Warukin karena mendapatkan banyak keuntungan, selain mempersingkat waktu perjalanan jika dibandingkan ke Bandara Samsudin Noor.

“Untuk harga juga akan disesuaikan sehingga tidak memberatkan bagi warga umum,” ujarnya. ( Sumber Banjarmasin Post )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *